Syurga Allah Yang Paling Tinggi Impian Setiap Insan Yang Hidup





BISMILLAH
Allah menjajikan surga bagi hambanya yang bertaqwa. Manusia memang diciptakan Alla SWT untuk beribadah, melalui ibadah tersebut manusia bertujuan memperoleh surganya Allah SWT. Tidak ada seorangpun yang tahu seperti apa surga itu.

Firdaus adalah salah satu bagian dari surga yang letaknya paling mulia dan yang paling tinggi. Allah Ta’ala berfirman,

“Sungguh, orang yang beriman dan beramal shalih, untuk mereka disediakan syurga Firdaus sebagai tempat tinggal." 
(QS. Al-Kahfi: 107) 


“Dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba.”
 (Qs. Al Muthaffifin: 26)

Yaitu, hendaknya setiap orang berlumba-luma mendapatkan Syurga yang penuh kenikmatan tersebut.

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
الْفِرْدَوْسُ رَبْوَةُ الْجَنَّةِ وَأَوْسَطُهَا وَأَفْضَلُهَا
Firdaus adalah syurga yang paling tinggi, yang paling bagus, dan yang paling afdhal. (HR. Turmudzi 3174 dan dishahihkan al-Albani).
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan motivasi kepada umatnya berlumba untuk mendapatkan firdaus. Diantaranya dengan memohon kepada Allah untuk dimasukkan ke dalam syurga firdaus.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ فِي الْجَنَّةِ مِائَةَ دَرَجَةٍ أَعَدَّهَا اللَّهُ لِلْمُجَاهِدِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ مَا بَيْنَ الدَّرَجَتَيْنِ كَمَا بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ ، فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ فَاسْأَلُوهُ الْفِرْدَوْسَ فَإِنَّهُ أَوْسَطُ الْجَنَّةِ وَأَعْلَى الْجَنَّةِ أُرَاهُ فَوْقَهُ عَرْشُ الرَّحْمَنِ ، وَمِنْهُ تَفَجَّرُ أَنْهَارُ الْجَنَّةِ
Di syurga itu terdapat seratus tingkatan, Allah menyediakannya untuk para mujahid di jalan Allah, jarak antara keduanya seperti antara langit dan bumi. Karena itu, jika kalian meminta kepada Allah, mintalah Firdaus, karena sungguh dia adalah syurga yang paling tengah dan paling tinggi. Di atasnya ada Arsy Sang Maha Pengasih, dan darinya sumber sungai-sungai surga.” (HR. Bukhari 2790 & Ibnu Hibban 4611).

Semakin Dekat Arsy, Semakin Agung

Ibnul Qoyim mengatakan,
أنزه الموجودات وأظهرها ، وأنورها وأشرفها وأعلاها ذاتا وقدرا وأوسعها : عرش الرحمن جل جلاله ، ولذلك صلح لاستوائه عليه ، وكل ما كان أقرب إلي العرش كان أنور وأنزه وأشرف مما بعد عنه ؛ ولهذا كانت جنة الفردوس أعلى الجنان وأشرفها وأنورها وأجلها ، لقربها من العرش ، إذ هو سقفها
Makhluk yang paling suci, paling tinggi, paling bercahaya, paling mulia, paling atas posisinya, dan paling luas adalah Arsy Allah ar-Rahman. Karena itulah, layak Dia beristiwa di atasnya. Dan semua yang lebih dekat dengan Arsy, maka dia lebih bercahaya, lebih suci, dan lebih mulia dibandingkan yang di bawahnya. Untuk itulah, syurga firdaus menjadi syurga yang paling tinggi, paling mulia, paling bercahaya, dan paling agung, karena dia paling dekat dengan Arsy. Dan Arsy adalah atapnya. (al-Fawaid, hlm. 27)

Berikan Harapan Besar untuk Mendapatkan Firdaus

Dalam hadis di atas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memotivasikan  umatnya agar meminta kepada Allah surga firdaus. Munkin ada orang yang meminta syurga tetapai bukan syurga yang paling tinggi.
Ini merupakan kesilapan dan kelasafahaman. Dalam masalah akhirat, kita diminta untuk mencari yang terbaik. Bukannya ala kadar. Agar manusia terpacu untuk selalu berlumba. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat faham akan hakikat, ketaqwaan umatnya tidak sama. Sehingga balasan yang mereka terima akan berbeza. Namun beliau memotivasikan umatnya untuk minta syurga Firdaus.
يدل هذا على أن الفردوس فوق جميع الجنان ولذا قال صلى الله عليه وسلم تعليما للأمة وتعظيما للهمة ” فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ فَاسْأَلُوهُ الْفِرْدَوْسَ”
Ini menunjukkan bahwa firdaus berada di atas semua tingkatan syurga. Oleh itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda mengajarkan umatnya dan memperbesar harapan untuk mereka, “jika kalian meminta kepada Allah, mintalah Firdaus”. (Tuhfatul Ahwadzi, Syarh Sunan Turmudzi, 7/201)
wallahualam..






0 Response to "Syurga Allah Yang Paling Tinggi Impian Setiap Insan Yang Hidup"

Post a Comment