Amalkan DOA dalam al-Qur’an Ini Setelah Selesai Shalat Fardhu dan Tahajud agar segera dipanggil ALLAH untuk melaksanakan ibadah HAJI





BISMILLAH

Menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah tentunya menjadi impian seluruh umat Islam, Baik laki-laki maupun perempuan, tak terkecuali para pembaca sekalian. Dalam Islam kita mengenal usaha dan doa, jadi kerja keras dan doa harus berjalan bersama.

Berikut ini merupakan doa dalam al-Qur’an agar segera dipanggil Allah untuk melaksanakan ibadah haji,

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ. رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ
“Ya Tuhan kami semoga Engkau menerima (amalan ibadah kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. Ya Tuhan kami, semoga Engkau berkenan dapat menjadikan kami berdua (suami-istri) orang yang tunduk patuh kepada Engkau serta (menjadikan) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau. dan semoga Engkau selalu berkenan memberikan petunjuk kepada kami agar dapat menunaikan ibadat haji, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah: 127-128)

Amalkan doa yang tercantum dalam surat Al Baqarah diatas usai shalat fardhu dan tahajud, Semoga kita dimudahkan Allah untuk segera naik haji ke tanah suci, Aamiin.

Sumber: kabarmakkah.com

Tata Cara Sholat Tahajud dan Bacaan Doa Sholat Tahajud Lengkap

Sholat tahajud adalah adalah Sholat Sunnah yang di;lakukan pada waktu malam hari sedikitnya dua Raka’at atau tidak terbatas jumlahnya dimana tiap-tiap dua Raka’at di barengi dengan salam. Tetapi ada juga yang mengatakan maksimal 8 sampai 12 rakaat.

Pelaksanaan sholat ini secara umum sama seperti sholat sunnah pada umumnya. Pada dasarnya gerakan dan bacaan sholat sunnah ini tidak jauh berbeda dengan sholat pada umumnya yang membedakan adalah waktu pelaksanaannya serta niatnya.

Untuk waktu melakukan sholat tahajud yaitu setelah sholat isya sampai dengan terbitnya fajar, tetapi dengan catatan harus tidur terlebih dahulu walapun hanya sebentar.

Mampu menjalankan ibadah sunnah adalah suatu keindahan tersendiri dalam diri seseorang. Pasalnya, tidak semua orang mau atau mampu untuk menjalankan ibadah yang sifatnya tidak diharuskan ini.

Namun, tanpa anda sadari, ternyata ibadah sunnah sering kali memiliki fadilah atau keutamaan yang luar biasa ketika di jalankan. Salah satu ibadah sunnah yang memiliki fadilah luar biasa besarnya yaitu sholat tahajud.
Hukum Sholat Tahajud

Hukum memengerjakan sholat tahajud adalah sunnah muakkad atau sangat disunnahkan untuk di kerjakan.

Pengertian lain dari sunnah muakkad yaitu amalan sunnah yang selalu dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW atau sunnah yang jarang tidak di lakukan oleh Nabi SAW.

Contoh lain sholat sunnah muakkad adalah sholat sunnah dhuha serta sholat sunnah tarawih pada bulan ramadhan.

Sholat sunnah yang di jalankan pada malam hari ini sangat di anjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini di buktikan dengan berbagai hadist yang menjelaskan perintah serta keutamaan menjalankan sholat tahajud.

Selain waktunya yang memang kebanyakan orang menghabiskan waktu tersebut untuk beristirahat, banyak juga yang tidak melakukan sholat tahajud dengan alasan tidak faham dengan tata cara sholat tahajud.

Untuk lebih jelasnya, berikut tata cara sholat tahajud beserta dengan bacaan yang di lafalkan.

Bacaan Doa Niat Shalat Tahajjud 

Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud - Dalam membaca doa niat shalat tahajjud dapat diucapkan secara lisan atau dalam hati, tapi lebih baik diucapkan dalam hati.

Membaca niat shalat tahajjud dibaca saat/berbarengan takbiratul ihram.

Bacaan niat sholat tahajud


Bacaan Doa Niat Shalat Tahajjud: "Ushalli sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillahi ta'aala".
Artinya: "Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah ta'ala".

Waktu Mengerjakan Sholat Tahajud

1. Waktu mengerjakan sholat sunnah tahajud pertama yaitu pada sepertiga malam pertama  yang terdapat pada pukul 19.00 sampai 22.00.

2. Waktu mengerjakan sholat sunnah tahajud kedua yaitu pada sepertiga malam kedua yang terdapat pada pukul 22.00 sampai 01.00.

3. Waktu mengerjakan sholat tahajud ketiga yaitu pada sepertiga malam kedua yang terdapat pada pukul 01.00 sampai masuk waktu subuh.Waktu ini adalah  waktu paling utama untuk mengerjakan sholat tahajud.

Jumlah Raka’at Sholat Tahajud

Untuk sholat sunnah tahajud, jumlah raka’at yang bisa anda kerjakan tidak terbatas. Namun untuk jumlah minimalnya yaitu 2 raka’at.

Meskipun tidak terbatas jumlahnya, namun sholat di lakukan dengan cara 2 raka’at salam kemudian di lanjutkan dengan dari awal lagi (membaca niat dan seterusnya). Tetapi ada juga yang menyebutkan jika maksimal 8 sampai 12 rakaat.





0 Response to "Amalkan DOA dalam al-Qur’an Ini Setelah Selesai Shalat Fardhu dan Tahajud agar segera dipanggil ALLAH untuk melaksanakan ibadah HAJI"

Post a Comment