Selepas Ini Jangan Dibuang Kulit Telur!! Kerana ini 3 Manfaat Kulit Telur Bagi Kesihatan Tubuh Manusia, Cara Memprosesannya Juga Mudah


Kebanyakan orang biasanya hanya mengambil bagian putih dan kuning telur untuk dimakan. Kulit telur pun berakhir di tempat sampah. Namun mungkin, setelah membaca artikel ini Anda akan mulai tertarik untuk mencuba memanfaatkan kulit telur. Hmmm, memangnya Kulit telur bisa dimakan?

Tentu saja! Jadi, jangan buang dulu kulit telur sisa masak makan Tengahari Anda. Simak juga Beberapa manfaat kulit telur yang ternyata baik untuk menunjang kesehatan tubuh kita.

Apa yang terkandung dalam kulit telur?
Tekstur kulit telur yang keras terbuat dari kalsium karbonat, bentuk kalsium yang paling umum. Kalsium itu sendiri merupakan salah satu mineral penting yang kita perlukan agar tubuh selalu berfungsi dengan baik.

Satu kulit telur mengandung sekitar 40 persen kalsium. Setengah dari kulit telur ini saja sudah bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa, yaitu 1.000 mg per hari.

Selain kalsium, kulit telur juga mengandung mineral lainnya termasuk strontium, fluorida, magnesium, selenium, hingga protein. Semua zat gizi tersebut juga berperan dalam menjaga kesihatan tulang.

Berbagai manfaat kesehatan dari kulit telur

1. Memenuhi kebutuhan kalsium harian
Kandungan kalsium yang ada pada kulit telur lebih cepat diserap oleh tubuh daripada suplemen kalsium yang ada di pasaran. Hal ini dibuktikan oleh penelitian pada tikus dan babi.

Selain untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, kalsium juga dibutuhkan untuk membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan membuat detak jantung lebih teratur. Kalsium juga bertindak sebagai ubat penenang semulajadi yang menenangkan sistem saraf untuk mengurangi rasa sakit, sekaligus menghentikan perdarahan ketika kita terluka.

2. Mengurangi risiko osteoporosis
Osteoporosis adalah pengeroposan tulang, yang dapat meningkatkan risiko patah tulang. Osteoporosis kebiasaannya dapat dilihat pada usia lanjut, namun awal perkembangannya bisa dimulai sejak usia muda. Pengeroposan tulang ini pada umumnya diakibatkan oleh kurangnya asupan kalsium dalam menu makanan sehari-hari. Seiring dengan bertambahnya usia, tingkat kalsium semulajadi pun juga mulai menurun.

Sebuah kajian yang dilakukan pada wanita pascamenopause menemukan bahwa bubuk cangkang telur dapat memperkuat tulang yang mengalami osteoporosis. Dalam tubuh, cangkang telur bekerja mengikat vitamin D dan magnesium untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Kajian yang sama juga melaporkan bahwa bubuk kulit telur mungkin lebih efektif dalam mengurangi risiko osteoporosis daripada suplemen kalsium.

3. Menjaga kesehatan persendian
Jika Anda intip bagian dalam kulit telur, Anda akan menemukan selput transparan tipis yang melapisi dindingnya. Anda juga dapat melihatnya lebih jelas saat mengupas telur rebus. Selaput ini biasanya menempel pada bagian dalam kulit telur.

 Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen vitamin yang mengandung membran cangkang telur dapat menjaga kesehatan persendian Anda. Ini kerana, selaput kulit telur terbuat dari kolagen, kondroitin sulfat (penyusun jaringan tulang rawan), glukosamin, dan nutrisi lainnya.

Kolagen itu sendiri dilaporkan bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi akibat osteoarthritis dan rematik. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah suplemen kulit telur benar-benar efektif dalam hal ini.

Bagaimana cara pemprosesannya untuk dimakan?
Jika Anda tertarik dengan manfaat kulit telur, Anda boleh meprosesnya sendiri di rumah. Pertama-tama, cuci bersih cangkangnya dan rebus selama beberapa menit untuk mematikan bakteri dan zat asing yang menempel (termasuk timbal, aluminium, kadmium, dan merkuri).


Kemudian, tumbuk atau blender cangkang telur sampai menjadi serbuk. Pastikan untuk menggilingnya sampai benar-benar halus. Bagian pinggiran kulit telur yang cenderung tajam bisa melukai tenggorokan atau kerongkongan Anda bila ditelan utuh. Anda bisa menambahkan bubuk kulit telur ini pada makanan atau mencampurnya dengan minuman Anda.

Alternatifnya yang lebih aman, Anda bisa membeli suplemen kulit telur di kedai kesehatan terdekat.

Belakangan ini, serbuk cangkang telur banyak diproses sebagai suplemen kalsium alami.

Sebarkan Kepada Semua...

0 Response to "Selepas Ini Jangan Dibuang Kulit Telur!! Kerana ini 3 Manfaat Kulit Telur Bagi Kesihatan Tubuh Manusia, Cara Memprosesannya Juga Mudah"

Post a Comment